Blog ini sudah tidak aktif lagi, silahkan pergi ke Sharesan Blog....

Kamis, 28 November 2013

Tutorial[3]: Cara menggunakan Event Alarm atau Timer


Event Alarm itu tu kayak semacam jeda, misalnya. set alarm[0] = 30 lalu tambahin event Alarm 0, action di eventnya akan dijalankan setelah waktu 30 steps. Maksud dari 30 steps? untuk 30 fps: 30 steps = 1 detik. room_speed umum nya adalah 30 ,jadi utk 1 detik = room_speed = 30, kalo room_speed = 50 maka 1 detik = 50. kalo masih gak ngerti nih saya jelasin lagi.
Step itu tergantung dengan Room Speed-nya. Kalau speednya 1 berarti 1 step = 1 detik. Yang udah diset di Game Maker itu 30
Kalo mau liat fpsnya itu dimana, coba klik Resources > Create Room, disitu kllik Setting > lihat di bagian Speed.

Buat penjelasan tentang alarm itu sangat mirip dgn alarm sungguhan,, kalo kalian set alarm nya selama 1 jam, maka ketika 1 jam maka alarm nya berbunyi.
1 jam = step nya (yg 30 itu lho )
berbunyi = action / script pada event Alarmnya.


biar gak bingung kita praktekin dulu..

(1) Klik Resources > Create Object > Add event > Create > tab Control > Execute Code.

(2) Masukkan script berikut. jika sudah klik tanda centang/ok.


(3) Klik Add event lagi > Alarm > Alarm 0 > tab Control > Execute Code.

(4) Masukkan script berikut. jika sudah klik tanda centang/ok.
 (5) Klik Add event lagi > Step > Step > tab Control > Execute Code.

 (6) Masukkan script berikut. jika sudah klik tanda centang/ok.


(7)  Klik Add event lagi > Draw > tab Control > Execute Code.

(8) Masukkan script berikut. jika sudah klik tanda centang/ok.

(9) Oke udah selesai, tinggal klik Resources > Create Room > taruh object.

(10) Tinggal di Run deh.

Nanti hasilnya akan begini..

Cara kerjanya tinggal masukkin angka, kalo mislanya kalian ketik angka 10, maka waktunya menjadi 10 detik, artinya alarm akan berbunyi dalam 10 detik..
kalo masih bingung saya kasih file*.gmknya disini..
Happy Making ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Note: Jika ada link yang Mati atau ada kesalahan-kesalahan bisa komentar disini, atau kontak dengan saya agar bisa segera di perbaiki, terimakasih ^^