global.variabel adalah variabel yang dapat bersentuhan dengan object lain. ngerti gak?
misalnya kita membuat obj_char, lalu di Create event di tulis "jurus=false", lalu di obj_musuh di Step event ditulis "jurus=true" maka akan terjadi error. Tapi jika obj_char ditulis "global.jurus=false", lalu di obj_musuh di Step event ditulis "global.jurus=true" maka itu akan berhasil..
masih gak ngerti? -__-
jadi kesimpulannya adalah jika kalian menulis variabel biasa tanpa menggunakan global, maka variabel tersebut tidak dapat bersentuhan dengan object lain, tapi jika make global.variabel, maka variabel itu bisa bersentuhan dengan objek lain.
(1) Buka Game Maker.
(2) Sebenernya kita bisa buat dari Sprite, tapi kita akan buat yang lebih mudah tanpa menggunakan
(3) Pertama kita rename dulu object0 menjadi obj_health biar keliatan rapih, trus biarin aja <no spritenya>, karena kita gak make
(4) Klik Add event > Create > lanjut pilih tab Control > pilih Execute Code.
(5) Masukan Script seperti digambar. jika sudah klik tanda centang.
(6) Selanjutnya Klik Add event > pilih Step > Step > klik Tab Control > pilih Execute Code.
(7) Lalu masukan Script seperti di gambar > klik centang.
(8) Selanjutnya klik Add event lagi > Draw > pilih tab Control > Execute Code.
(9) Lalu masukan Script berikut.
(10) Oke sekarang buat Room, Resources > Create Room.
(11) Lanjut, taruh obj_health dimana saja.
(12) Langkah terakhir tinggal di Run deh.. Run > Run Normally
Sip..! game udah selesai.. kalian bisa berkreasi biar bisa lebih bagus.. contohnya kaya gini..
Kalo masih bingung bisa di download Examplenya (file *.gmk) disini. didalamnya sudah ada MPnya beserta penjelasannya..
Happy Making ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Note: Jika ada link yang Mati atau ada kesalahan-kesalahan bisa komentar disini, atau kontak dengan saya agar bisa segera di perbaiki, terimakasih ^^